10.16.2008

Manfaat sepeda


Bersepeda banyak membawa manfaat.
selain untuk kesehatan fisik, pengaruh roda dua ini juga akan membuat rohani kita sehat.
Akhir minggu, adalah waktu yang cocok buat nikmatin kendaraan roda dua ini.
apalagi di akhir pekan, tentu saja bisa dinikmati dengan banyak cara. Bisa dengan lari pagi, senam, bersepatu roda ataupun bersepeda keliling kompleks perumahan ataupun berkeliling kota.
World Health Organization (WHO), salah satu organisasi PBB yang bergerak di bidang kesehatan menyebutkan, bersepeda merupakan aktivitas fisik yang murah dan cocok untuk menjaga kesehatan. Bahkan, studi di Denmark mengungkapkan, bersepeda bisa menurunkan angka kematian hingga 40%. Tidak heran jika kemudian bersepeda menjadi salah satu olahraga favorit .
Berbeda dengan bersepeda secara individu, mengayuh sepeda bersama anggota komunitas memiliki kesan tersendiri. Selain bisa mengakrabkan, juga dapat menjaga kekompakan di antara anggota, menghabiskan waktu luang dengan bersepeda bersama, bisa menumbuhkan rasa saling memperhatikan dan melindungi.
Secara mental, bersepeda dapat membahagiakan suasana hati, menekan depresi, dan menumbuhkan rasa percaya diri serta menanamkan jiwa sportif. Hal tersebut didukung penelitian oleh Associate Professor Bidang Ilmu Kesehatan Anak di Albert Enstein College of Medicine, AS, Dr Andrew Adesman. "Anak-anak biasanya belajar naik sepeda roda tiga dalam usia 2,5 hingga 3 tahun. hal itu bisa memancing kecerdasa si anak.
manfaat bersepeda ini pun bisa di nikmatin sama anak-anak muda "kayak kita2 gini" yang suka dengan hal2 extrim atau dengan cara memacu ardenalin, contohnya BMX.
nah, BMX bisa di bagi jadi berbagai bagian atau aliran. Misalnya street, aliran ini agak extrim, cocok buat orang yang punya nyali tinggi. Gak peduli sama keselamatan dirinya, pokoknya punya resiko "gede".











Ini baru sebagian kecil, sob.
biz itu ada juga flatland. gaq jauh beda resikonya sama street, tapi gaq terlalu pakai tenaga banyak, maksudnya gaq secapek street.





masih banyak, ntar gambarnya di su2lin aja.
Intisarinya banyak hal yang bisa buat diri kita sehat, dan semua itu muncul dari hal2 kecil.

Tidak ada komentar: